Disusun Oleh :
Nama : Defifor Wira Oliyaman Waruwu
NIM : 4103121015
Kelas : Fisika Dik C 2010
Tugas : Media Pembelajaran Fisika
Tanggal : 25 Februari 2013
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU
PENGETAHUAN ALAM
TAHUN AJARAN 2012/2013
Kritik Jurnal
Fungsi Media dalam Pembelajaran Fisika
Jurnal/artikel
yang dikritisi:
Pembelajaran Fisika Dengan Media Komputer, Audio
Visual, dan Konvensional Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Siswa
Tugas
1. Kritisi Isi Jurnal
Identitas Jurnal
1. Nama
Penulis : Widha Sunarno
2. Judul
Artikel : Pembelajaran
Fisika Dengan Media Komputer, Audio Visual, dan Konvensional Ditinjau Dari
Kemampuan Berpikir Siswa
3. Nama
Jurnal : Paedagogia
4. Nomor
Volume : Jilid 10 Nomor 1
5. Tahun : 2007
Ringkasan Artikel
Pembangunan
dibidang dipendidikan sangat penting berhubung dengan mutu pendidikan yang
berada pada tingkat rendah. Yang dibuktikan dengan data ujian akhir SMA tahun ajaran 2003/2004 dari 8500 peserta
ujian SMA dikota Surakarta terdapat 674
peserta dinyatakan tidak lulus dan harus mengukuti ujian ulang.
Bentuk
belajar menurut Gagne ada 5 yaitu: belajar operan, belajar kontiguitas, belajar
operant, belajar operasional, dan belajar kognitif. Agar terjadi interaksi
dalam belajar sehingga pembelajaran akan efektif maka pembembelajaran harus
menggunakan media pembelajaran yang baik. Dalam jurnal ini maka yang menjadi
topik pembelajaran fisika dari bahan ajar adalah Tata Surya yang memiliki
konsep yang bersifat abstrak dan konkrit.
Dalam
penggunaan media seharusnya disesuaikan dengan perkembangan teknologi.
Misalnya, komputer yang memiliki banyak keuntungan seperti: membantu dalam
pembelajaran karena sifat yang sabar, cermat, dan ingatan baik; dimanfaatkan
dengan segera dalam hal berhitung, membuat grafik dan gambar; fleksibel karena
dapat diatur oleh pengguna; komputer dan guru saling melengkapi dalam
pembelajaran. Ada juga Audio visual yang melibatkan indera mata dan telinga
digunakan sebagai alat atau bahan oleh guru untuk memindahkan gagasan dan
pengalaman kepada siswa yang melibatkan proses perencanaan, produksi,
pemilihan, pengelolaan, dan penggunaan semua komponen pembelajaran. Sementara
media konvensional yang menggambarkan pembelajaran abstrak dan teoritis, siswa
pasif, rumus diluar diri siswa, dan komunikasi satu arah.
Penilaian
dalam jurnal ini terbagi dua yaitu, penilaian prestasi yakni hasil tes berupa
angka setelah mengalami pembelajaran pada pokok bahasan tata surya dan
penilaian proses atau program untuk mengukur keefektifan suatu sistem pendidikan
secara keseluruhan.
Adapun rumusan
masalah: (1) Apakah ada perbedaan prestasi belajar fisika bagi siswa yang
diberi pembelajaran dengan menggunakan media komputer, media audio visual, dan
secara konvensinal?; (2) Apakah ada perbedaan prestasi belajar fisika bagi
siswa yang mempunyai kemampuan berpikir konkret, dan kemampuan berpikir abstrak
?; (3) Apakah ada interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan berpikir
terhadap pretasi belajar fisika
siswa terhadap
kemampuan konkret dan abstrak siswa.
Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pembelajaran
dengan menggunakan media komputer dan media audio visual bila dibandingkan
dengan sistem konvensional ditinjau dari kemampuan konkret dan kemampuan
abstrak siswa.
Metode eksperimen
dengan variabel bebas pembelajaran fisika diuji hasil belajar dan variabel
moderator kemampuan berpikir abstrak atau konkrit diuji dengan psikologi
dipergunakan dalam penelitian ini. Hipotesis diuji dengan Anavan dua jalan
menggunakan program SPSS 11,5.
Hal yang bisa disimpulkan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan media komputer lebih efektif dari pada proses pembelajaran
dengan menggunakan media audio visual. Akan tetapi proses pembelajaran dengan
menggunakan media audio visual lebih efektif dibandingkan dengan secara
konvensional.
Kritikan dalam jurnal
Berdasarkan pemahaman penulis kritikan
bahwa:
1. Judul
jurnal sudah sesuai menggambarkan secara isi yang hendak diungkapkan dalam
jurnal secara keseluruhan dan judul jurnal juga cukup jelas menyangkut poin
penting yang diutarakan.
2. Isi
abstrak tergambar dengan spesifik merepresentasikan isi artikel dan dibuat
dengan format yang benar
3. Tujuan
penelitian dipaparkan dengan jelas
4. Ide/
isu yang diangkat relevan penting karena masih terkait dengan peningkatan mutu
pendidikan secara nasional
5. Desain
dan metode penelitian sesuai dengan tujuan penelitian. Hal ini dibuktikan
oleh desain faktorial dengan metode
eksperimen menunjuk kepada efektivitas pembelajaran
dengan menggunakan tiga jenis media ditinjau dari kemampuan konkret dan
kemampuan abstrak siswa.
6. Desain
dan metode yang digunakan tidak tergambar dengan jelas dan detail jika
sewaktu-waktu penelitian ini diulang.
7. Tidak
ditemukan kesalahan/ error atas fakta dan interpretasi hasil penelitian. Ini selaras
dengan kajian teori yang menjelaskan masing-masing tingkat lebih untuk setiap
media yang digunakan dan dibuktikan secara real melalui penelitian menunjuk
pada hasil yang diharapkan terinterpretasi dengan benar.
8. Pada
bagian pembahasan terhadap hasil/temuan sudah relevan, artinya pembahasan
menyangkut masalah yang ingin ditelaah telah menunjuk pada konsep yang relevan
hasil.
9. Peneliti
menggunakan kepustakaan yang berkaitan dengan topik penelitian. Tetapi ada juga
kepustakaan yang dimunculkan pada kajian teori namun tidak terdapat dalam
daftar pustaka, seperti: Buchori, Chaisyah, dan Anitah Nieyawan
10. Ada
sebagian paragraf yang memuat pada satu kalimat kemudian terulang lagi pada
kalimat berikutnya seperti pada bagian keuntungan media komputer, diulang dua kali
yakni yang ketiga terulang pada bagian kelima.
11. Asumsi
yang mendasari pemikiran penulis adalah keikutsertaan atau partisi-aktif dari
banyak indera yang ikut berguna saat terjadi pembelajaran
12. Dalam
penelitian ini peneliti terlihat objektif pada hasil, sesuai dengan pengolahan
data yang digunakan.
13. Kesimpulan
jelas, singkat, padat, dan merefleksikan hasil penelitian.
14. Penelitian
ini mempunyai implikasi, baik secara praktis maupun secara teoritis Kegiatan
pembelajaran fisika yang menggunakan media, tidak sepenuhnya mengantungkan
penyampaian bahan ajar kepada media tersebut tetapi peran guru juga sangat
diperlukan.
Kelebihan Jurnal
1.
Jurnal ini bersifat ilmiah yang berdasarkan langkah-langkah
ilmiah
- Jurnal ini membahas masalah-masalah dalam dunia pendidikan bagian media pembelajaran sehingga menambah pengetahuan kita tentang bagaimana sepenuhnya memanfaatkan media dengan baik
- Jurnal ini dibuat dengan menyoroti kondisi yang kontemporer, sehingga data-data yang disajikan bisa dijadikan rujukan bagi peneliti lainnya.
- Penggunaan kalimat dan kata juga mudah dipahami serta dicerna oleh pembaca. Kata-kata yang sederhana diikuti dengan penjelasan setiap konsep memudahkan pembaca untuk memahami apa yang ingin disampaikan dalam jurnal ini.
- Jurnal ini dapat menjadi tempat pengembangan wacana dan diskusi tentang praktek penelitian.
Kelemahan Jurnal
- Literatur dalam jurnal ini masih kurang seperti literatur yang berupa penelitian yang memliki arah dan tujuan yang sama atau menunjuk pada penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya
- Kelemahan Metodologi penelitian ini tidak menyebutkan bagaimana cara peneliti mendapatkan informan sesuai kaidah penelitian kualitatif. Seperti, apakah subjek penelitian didapatkan melalui proposive random sampling (mencari informan yang sesuai dengan topik yang ingin digali) atau snow ball sampling. Implikasinya data-data wawancara, atau fokus group diskusi tidak muncul. Sebuah jurnal penelitian yang bagus hanya mungkin didukung oleh praktek penelitian yang baik dan sebaliknya.
- Peneliti juga tidak menyampaikan seberapa besar urgensi permasalahan ini terhadap kehidupan pendidkan di lokasi yang diteliti.
Saran dan masukan untuk Penelitian Selanjutnya
1.
Dalam penggunaan sumber data, diharapkan sumber data
tersebut di klasifikasikan secara jelas, agar objektifitas penelitian tidak
diragukan, karena apabila hanya menyebutkan sumber penelitian saja itu
menimbulkan banyak pertanyaan. Sumber data khususnya primer harus dijelaskan
perannya sebagai apa pada kesehariannya.
2.
Dalam penarikan kesimpulan diharapkan disesuaikan
dengan teori yang dipakai. Teori haruslah berdialog dengan masalah yang ditampilkan
dalam penelitian. Agar terciptanya konsistensi pembahasan dalam jurnal.
3.
Dalam jurnal perlu ditampilkan penelitian terdahulu
sebagai literature dan referensi bagi pembaca bila ingin membandingkan jurnal
satu dengan jurnal lain.
Tugas 2.
Jawaban Pertanyaan
1.
Alasan memilih jurnal. Jurnal ini dipilih karena
memiliki banyak hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam penggunaan
fungsi media pembelajaran fisika. Hal ini berkaitan dengan keefektifan media
pembelajaran yang baik berdasarkan perkembangan teknologi dan perkembangan
peserta didik.
2.
Jurnal ini begitu penting karena memiliki andil dalam
pemahaman mahasiswa akan arti pentingnya penggunaan suatu media pembelajaran,
terutama bagi kami mahasiswa program studi pendidikan sangat diharapkan
memahami secara detail penggunaan dan fungsi media secara benar. Selain itu
jurnal ini masih relevan dengan perkembangan teknogi saat ini dan kemampuan
dasar yang dimiliki para pendidik di masing-masing sekolah.
3.
Pokok pikiran yang saya dapat dari jurnal ini yakni:
a.
Proses belajar itu akan efektif jika melibatkan secara
maksimal peran peserta didik dalam hal belajar terutama dalam penggunaan indera
peserta didik yang diajak ikut aktif karena penggunaan media yang dirancang
baik oleh pendidik
b.
Belajar memerlukan media sebagai pengantara atau
medium penyampaian gagasan atau pengalaman seorang pendidik yang baik dan
sesuai dengan perkembangan teknologi. Namun harus juga dipahami bahwa media dan
guru memiliki peran yang sebaiknya saling melengkapi.
4.
Soal Pilihan Ganda.
1.
Jenis media yang paling efektif dibawah ini
berdasarkan penelitian diatas adalah . . . . .
a.
Media konvensional c.
Media gambar
b.
Media Komputer d.
Media Audio-Visual
2.
Teori belajar yang benar berdasarkan konsep Gagne yang
benar tentang jenis-jenis belajar antara lain, yaitu kecuali . . .
a.
Belajar responden c.
belajar kontiguitas
b.
Belajar observasional d.
Belajar klasifikasional
3.
Penilaian hasil tes berupa berupa angka setelah
mengalami pembelajaran pada pokok bahasan tertentu disebut . . .
a.
Penilaian prestasi c.
penilaian proses
b.
Penilaian kognitif d.
Penilaian program
4.
Berdasarkan metode dan desain penelitian yang
digunakan diatas maka tujuan penelitian diatas adalah . . .
a.
Mengetahui cara penggunaan media komputer, audio
visual dan konvensional ditinjau dari aspek efektif dan efesien
b.
Mengetahui manfaat belajar menggunakan media komputer,
audio visual dan konvensional ditinjau dari aspek efektif dan efesien
c.
Mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dengan
menggunakan media ditinjau dari kemampuan berpikir siswa
d.
Mengetahui efektivitas pembelajran dengan menggunakan
media ditinjau dari kemampuan abstrak dan konkrit siswa
Soal Essay
Jelaskan
bagaimana sebuah media yang efektif digunakan dalam suatu pembelajaran!
Jawab:
Media yang efektif adalah media yang mampu meningkatkan prestasi belajar
dan prestasi proses/program dalam suatu pembelajaran. Media yang dimaksud
adalah media yang mampu melibatkan penggunaan indera peserta didik dan
bersesuaian dengan perkembangan teknologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar